18d

Inovasi Powerbank Nirkable – PT Bestprofit Futures Bandung

VIVAnews – Pengisian daya nirkabel mulai menjadi tren seiring kebutuhan mobile pengguna gadget. Melihat kebutuhan itu, peneliti Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) di Korea telah meluncurkan sistem pengisian daya nirkabel yang bisa memasok daya ke puluhan perangkat dalam satu waktu di sebuah ruangan.

Kekuatan sistem ini juga cukup inovatif, dapat memindahkan daya dalam jarak 5 meter serta mengisi daya 40 ponsel dalam satu waktu. Bahkan sistem ini juga dapat memasok daya untuk TV.

Melansir Daily Mail, Rabu 23 April 2014, sistem yang disebut Dipole Coil Resonant System diyakini menjadi sistem pengisian daya nirkabel terpanjang, karena mampu menjangkau dalam jarak 5 meter.

“Cara perangkat elektronik menerima daya telah berubah pesat selama beberapa dekade terakhir, dari kabel sampai nirkabel,” jelas peneliti.

Chun T Rim, profesor nuklir dan Rekayasa Quantum KAIST menjelaskan sistem tersebut juga dapat berfungsi sebagai daya listrik yang lebih besar, dapat memasok daya TV LED.

Sistem teknologi ini berjalan layaknya jaringan WiFi, jadi pengguna tak perlu menancapkan colokan ke perangkat pengisi daya. Cukup disimpan dalam maupun ditaruh saja, daya perangkat dapat terisi secara otomatis.

Secara teknis teknologi pengisian nirkabel bekerja dengan syarat memiliki dua kumparan yakni transmitter dan receiver.

“Teknologi kami membuktikan kemungkinan mekanisme pengiriman daya jauh yang belum pernah dicoba pada jarak panjang,” jelasnya.

Rim mengakui inovasi teknologi ini masih dalam tahap awal komersialisasi dan masih cukup mahal untuk implementasi. Namun peneliti yakin, mekanisme pengisian tersebut bisa diadopsi sebagai tenaga listrik di masa depan.

“Sama seperti melihat zona WiFi pada hari ini, kita akhirnya akan memiliki banyak zona Wi-Power di restoran, jalanan. Bisa menyediakan tenaga listrik nirkabel ke perangkat elektronik,” tambahnya. (adi)

Sumber:

Best Profit Futures, Bestprofit Futures, PT Best Profit Futures, PT Bestprofit futures

 

http://www.bestpftf.com

http://www.bestprofit-bandung.com

http://www.bestprofit-futuresbandung.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>