20160409b

Asal Mula Pasar Baru Bandung – PT Bestprofit Futures Bandung

Bestprofit Futures Bandung – Pasar Baru merupakan pasar tertua di Kota bandung yang masih berdiri hingga saat ini. Pasar tersebut merupakan pengganti pasar lama di daerah Ciguriang atau Jalan Kepatihan yang terbakar akibat kerusuhan Munada pada tahun 1842.

Munada adalah seorang Cina Muslim dari Kudus yang kemudian bekerja pada Negel, sang asisten residen saat itu. Tetapi sang Munada ini mengkhianati kepercayaan sang atasan dengan menyelewangkan dana sehingga dipenjarakan. Merasa sakit hati dan tidak terima, Munada kemudian membakar Pasar Ciguriang yang berlanjut dengan penyerangan Munada pada Nedel.

Pada tahun 1906 didirikan bangunan pasar baru yang semi permanen, dari sinilah orang-orang menyebutnya Pasar Baru hingga kini. Pada bangunan baru ini, jajaran pertokoan berada di bagian paling depan dan di belakangnya diisi oleh los-los pedagang. Bangunan ini kemudian dikembangkan pada tahun 1926 dengan dibangunnya kompleks pasar permanen yang lebih luas dan teratur. Pada bangunan baru ini terdapat dua buah pos yang mengapit jalan masuk menuju kompleks Pasar Baru. Selain sebagai gerbang masuk, kedua pos ini dipergunakan juga sebagai Kantor Pengelola Pasar dan Pos Jaga Polisi.

Perombakan kembali dilakukan pada tahun 1970an membuat bangunan pasar menjadi gedung modern bertingkat yang tidak menyisakan lagi bentuk bangunan lamanya, walaupun konsep pasar tradisional masih dapat dipertahankan. Setelah ini perombakan berikutnya dilakukan pada tahun 2001 hingga menjadi bentuknya yang dapat kita lihat sekarang. Saat ini Konsep Pasar Baru berubah dengan model Trade Center.

Sumber

best profit , best profit futures, bestprofit, bestprofit futures,

pt best profit, pt best profit futures, pt bestprofit, pt bestprofit futures

 

http://www.bestpftf.com

http://www.bestprofit-bandung.com

http://www.bestprofit-futuresbandung.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>